Ancient mosque unearthed in Bangladesh

Investigation of remote archaeological site could prove it to be earliest mosque in South Asia.
 



In a remote village in northern Bangladesh, an amateur archaeologist has discovered the remains of a mosque believed to be built in the 7th century.

Villagers initially stumbled on the site where they found ancient treasures and artifacts of Islamic history, including a stone with Quranic scripture, buried underground.

Further investigation into the findings could prove the site to be the earliest mosque built in South Asia.

There is no doubt about the date that construction work on this remarkable mosque, that connects right back to the earliest days of Islam in East Asia, was completed. A fine piece of terracotta brick, now, finally, in Tajhat Palace museum in Rangpur is enscribed with a Surah, dates backs to 69 years after the death, in 632 CE, of the Holy Prophet (saws) himself.

The location of the ruin, that was uncovered some years ago from jungle overgrowth is perhaps unsurprising.

At the time, the flourishing City states of North Bengal, such as what are now known as Mahasthangarh, Paharpur and Bhitagahr, were centres of the Silk trade that continues to flourish in the region today. They were close to the course of some of the ancient trade caravans routes to China.

Following the foothills of the Himalayas, the land route continues through what is now Assam, and across towards China; an alternative route, by land as far as the great Brahmahputra river which leads to the Bay of Bengal, and the eastern Coast river ports of Bangladesh, such as Chittagong, Ramu, and Cox bazar.

Either way would take the travellers close to Lalmonirhat. The alternative, the sea route around Indian land mass was subject to the seasonal winds; it was, nevertheless, also much used. Indeed, the early Muslim community in Kerala dates from early in the period of Islam, perhaps even the lifetime of the Holy Prophet; and there are recorded landing by Muslim traders on the east seaboard of Bangladesh, also at that period.

The great alluvial plains of Bangladesh, with the annual flooding of the deltaic waters of great rivers such as Ganges and Brahmaputra, are only slowly revealing their hidden secrets to archaeologists. And this revelation came, rather, to villagers in a remote community. As far as we are aware, despite the obvious interest in the discovery, there has, in fact, been no formal excavation at the site.

Instead, the villagers themselves have constructed a new building above the old that they have, in an amateurish way, opened to view. They, clearly, feel the sense of connection with the earliest history of their faith that many other people in their vicinity did not share; they simply looted the site of the more interesting artefacts, including the date inscription which it took senior local official’s pressure to get placed in Tajhat.


There is fine brickwork, made of the characteristic flat, square, terracotta bricks that are a feature of all high status buildings of the period. Above that brickwork, the local people have heaped loose stones and pieces of brick in an innocent attempt at some form of reconstruction. But more impressive, by far, is their determination that this treasure should not be lost again!




All of which could, in some measure, rewrite the history of Islam in this remarkable country, with its vivid background in the three great religions of Hinduism, Buddhism, and Islam, which is, today, of course, the majority religion of the country. For that reason, alone, perhaps, this mosque bears further investigation. But then, as such an ancient building, in its own right, it deserves better.



14 comments:

  1. wow good writing if u want you can write our newspaper
    http://dailydarpan.com/

    ReplyDelete
  2. Thanks for writing about Bangladesh .This is a work for Population of Bangladesh.

    ReplyDelete
  3. I visited your site.Thanks for your article.
    This site is informative:Population of Bangladesh

    ReplyDelete
  4. Interesting info.

    Comment on articles on http://www.e-Sylhet.net

    ReplyDelete
  5. Hi dear Bro,
    Thank You very much for your best information. Your article is nice and described. Actually this is what I was looking for. I have a cellphone specification and Price related blog. If You wish to take a look please.
    THANKS

    ReplyDelete
  6. Pretty section of content. I just stumbled upon your website and in accession capital to
    assert that I acquire actually enjoyed account your blog posts.
    Visit our php tutorial
    and
    mobile bd price

    ReplyDelete

  7. Awesome article. It is so detailed and well formatted that i enjoyed reading it as well as get some new information too.


    SAP ABAP Training in Chennai

    ReplyDelete
  8. Hi, It’s RH Rony. Can you tell me about best IT Training Center in Dhaka?

    ReplyDelete
  9. Nama saya adalah Okta Mira Anda dipersilakan untuk ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY tempat di mana Anda memiliki kesempatan untuk mengubah defisit keuangan menjadi individu yang kaya dengan bantuan staf berkualifikasi tinggi melalui staf yang bertekad dan memiliki sumber daya keuangan yang baik tempat berselingkuh atau merampok Orang-orang dari uang mereka adalah tabu tempat di mana Anda dilengkapi secara finansial untuk mengatasi kekurangan keuangan saya telah mengulurnya itulah sebabnya saya datang ke sini untuk memberi tahu Anda bahwa tidak semua kreditur online adalah penipuan atau penipuan karena prioritas utama ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY adalah untuk menyediakan dana dalam mata uang apa pun untuk semua klien mereka sehingga mereka akan dapat memenuhi kebutuhan keuangan mereka setiap hari jadi jangan biarkan saya ditinggalkan Anda membutuhkan dana untuk:
    ✓ Tagihan Rumah Sakit
    ✓ Renovasi Rumah
    ✓ Pembesaran Bisnis
    ✓ Refinancing Ekstensi Pertanian
    ✓ Penambangan Emas
    ✓ Proyek pembiayaan dengan kebutuhan keuangan yang lebih tinggi Semua ini dan banyak lagi
    email:{iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}
        WhatsApp Only :: (+33) 753893351
         BBM INVITES: {D8980E0B,4424A}

    ReplyDelete
  10. Saya Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan Tuhan yang baik dalam hidup saya untuk orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata itu, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara Anda? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan kredit palsu di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6 kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan seorang teman saya yang saya jelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang dapat diandalkan yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapatkan pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM pada tingkat rendah 2% dalam 24 jam yang saya terapkan tanpa tekanan atau stres. Jika Anda membutuhkan pinjaman, Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam proses pinjaman, Anda dapat menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka, Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah membayar pembayaran cicilan bulanan seperti yang disepakati dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya baik Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    ReplyDelete
  11. kesaksian nyata dan kabar baik !!!

    Nama saya mohammad, saya baru saja menerima pinjaman saya dan telah dipindahkan ke rekening bank saya, beberapa hari yang lalu saya melamar ke Perusahaan Pinjaman Dangote melalui Lady Jane (Ladyjanealice@gmail.com), saya bertanya kepada Lady jane tentang persyaratan Dangote Loan Perusahaan dan wanita jane mengatakan kepada saya bahwa jika saya memiliki semua persyarataan bahwa pinjaman saya akan ditransfer kepada saya tanpa penundaan

    Dan percayalah sekarang karena pinjaman rp11milyar saya dengan tingkat bunga 2% untuk bisnis Tambang Batubara saya baru saja disetujui dan dipindahkan ke akun saya, ini adalah mimpi yang akan datang, saya berjanji kepada Lady jane bahwa saya akan mengatakan kepada dunia apakah ini benar? dan saya akan memberitahu dunia sekarang karena ini benar

    Anda tidak perlu membayar biayaa pendaftaran, biaya lisensi, mematuhi Perusahaan Pinjaman Dangote dan Anda akan mendapatkan pinjaman Anda

    untuk lebih jelasnya hubungi saya via email: mahammadismali234@gmail.com
    dan hubungi Dangote Loan Company untuk pinjaman Anda sekarang melalui email Dangotegrouploandepartment@gmail.com

    ReplyDelete
  12. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

    Negara: Indonesia
    Nama: Queen Jamillah
    Alamat: Nusa Lembongan
    Teleph☎: +62 856-9328-4991
    WhatsApp:+62 856-9328-4991
    e_mail: queenjamillah09@gmail.com
      Sudah dua tahun sekarang saya memberikan kesaksian tentang bagaimana saya meminjam jumlah 700 juta dari Iskandar Lestari Loan Company dan beberapa orang meragukan saya karena tingkat penipu online saya bisa membuktikan kepada Anda semua bahwa Bunda Iskandar bukan pemberi pinjaman yang curang. telah memberi saya satu hal lagi untuk tersenyum karena setelah menyelesaikan angsuran bulanan pinjaman yang saya pinjam sebelum saya memohon kepada ibu bahwa saya ingin pergi untuk ekspansi lebih lanjut dari bisnis saya sehingga saya mengajukan jumlah 2,7miliar setelah melalui proses hukum transaksi saya disetujui oleh pihak berwenang dan dalam waktu tiga hari proses hukum untuk menyalurkan pinjaman saya ke rekening Bank Rakyat Indonesia saya tercapai dengan mudah. ​​Saya tidak memiliki tantangan dengan Bank Indonesia karena Ibu Iskandar dan tim Manajemen dari ISKANDAR LESTARI LOAN COMPANY telah dianggap sebagai pemberi pinjaman yang sah sehingga tidak ada masalah sama sekali untuk bantuan keuangan, hubungi ISKANDAR LENDERS hari ini
    e_mail: [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com]

    Waalaikumsalam Warahmatullahi Wabarakatuh.

    ReplyDelete
  13. Nama saya Reni Alida, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati, karena ada penipuan dan perusahaan pinjaman palsu di mana-mana, mereka akan mengirimkan dokumen perjanjian pinjaman palsu kepada Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah penipuan, karena mereka kemudian akan meminta pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, jadi berhati-hatilah terhadap Perusahaan Pinjaman yang curang itu.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang secara finansial dan putus asa, saya ditipu oleh beberapa perusahaan pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ms. Elizebeth Isaac Loan Company, yang meminjamkan saya pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp.600.000,00 (600 ribu) dalam waktu kurang dari 24 jam dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya terapkan dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, jangan ragu-ragu, silakan hubungi dia melalui email nyata: Elizebethisaacloancompany@gmail.com dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi syarat dan ketentuannya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: renialida@gmail.com. Yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening mereka setiap bulan.

    ReplyDelete
  14. Nice Post, Keep up the best of luck.And Here is the Best Bd Govt Job Circular

    ReplyDelete